Jumat, 24 Maret 2017

Getuk Keju

getuk keju 
Getuk salah satu jajanan pasar yang saya sukai. Terbuat dari singkong kukus yang dihaluskan, diberi pewarna, dibentuk kotak kotak lalu di atasnya ditaburi gula dan parut kelapa. Kalau di Bandung disebutnya getuk lindri. Selain di pasar ada pedagang keliling bersepeda yang menjajakan. Di kampung tempat tinggal saya di sini pun ada penjual keliling getuk tapi sepertinya kurang laris. Ya, anak-anak sekarang lebih suka jajan kerupuk dan chiki di banding jajanan tradisional. Kedua si kecil saya tidak terlalu suka kerupuk dna chiki tapi kurang suka juga jajanan tradisional. 

Jadilah beberapa waktu lalu sekalian ikutan resep kondang (dan ternyata kalah hahaha) saya membuat getuk, biar nambah lezat dipakein keju oles pada campurannya, dimakan dengan toping skm dan stroberi. Menampakkan fotonya menggiurkan kan? Seperti bukan getuk ya hahaha. Biar sedikit kekinian. 

Karena saya tinggal di kampung yang masih banyak kebunnya (kebun tetangga maksudnya) termasuk kebun singkong, jadi warung sebeah menjual singkong fresh hasil mencabut dari kebunnya dengan harga murah. Singkongnya pun pulen. Pulen itu istilah sunda artinya semacam enak. 

Berikut resepnya 
1/2 kg singkong kukus
7-8 sdm SKM
3 sdm keju oles atau keju parut
Bahan toping; skm, keju parut dan stroberi.

Cara membuat 
Haluskan singkong kukus selagi hangat tambahkan skm, dan keju, aduk campur. Lalu bentuk sesuai selera dan hiasi dengan toping agar menarik untuk si kecil.

1 komentar:

  1. eh Ya ALLAH.. Subhanallah... dari akpan hari ngidam getuk.... Huhu.. nanti beli ahhhh ke pasar

    BalasHapus