Senin, 03 April 2017

Ikan Bumbu Pecak

Ada yang pernah dengar bumbu pecak? Saya baru tahu resep ini setelah pindah ke Tangsel. Kalau teman-teman ke BSD dan  lewat jalan puspitek nanti teman-teman akan masuk jalan Pahlawan Seribu, nah di jalan ini berderet aneka kuliner, termasuk bebek Kaliyo yang ngehits dan Sop Janda. Ada salah satu rumah makan khas Betawi di sana, di depannya terpampang spanduk Ikan Gabus Pucung dan Pecak Gurame. Karena penasaran seperti apa sih kuliner betawi kami mampir ke sini tapi tidak pesan ikan pecak melainkan ikan gabus pucung. Tuntas rasa penasaran saya dan sepakat dengan pak suami, lidah kami kurang cocok dengan olahan Ikan Gabus Pucung betawi hahahah.

Ikan kakap bumbu pecak
Lalu siapa sangka akhirnya kini kami tinggal di sebuah daerah yang walaupun secara administratif masuk wilayah kabupaten Bogor dan secara wilayah deket ke Tangerang Selatan, namun secara kultur budaya Betawi banget dari sebutan Encang, Encing, Nyak, Babeh dan Loe Gw yang pasih. Termasuk kulinernya tentu dan yang paling digemari adalah bumbu pecak. Bumbu pecak ini serbagunan lho jika di restoran Betawi hanya disajikan dengan ikan goreng,  pada masyarakat Betawi bumbu ini bisa juga dinikmati dengan tempe goreng, tahu goreng bahkan jengkol goreng. Yang suka jengkol mana suaranya? Hahaha. Saya dan Pak Suami bukan penggemar jengkol tapi penggemar petai, sama-sama baunya hehehe.

Pertama nyoba bumbu pecak dikirim tetangga, ikan mas goreng disiram kuah bumbu pecak. Rasanya langsung bikin saya suka tapi sayangnya pak suami kurang suka, dia lebih suka sambal tanpa kuah.
Rasa bumbu pecak itu, perpaduan jahe, temu kuncu, cabe rawit, perasan jeruk limo, serai , kalau suka bisa ditambah terasi. Kalau saya tidak suka pake terasi.

Berikut Resep Ikan Bumbu Pecak

Bahan
Ikan, cuci bersih, kasih perasan jeruk nipis dan garam, diamkan. Goreng. Ikan jenis apapun bisa dibumbu pecak.

Bumbu Pecak
Bawang merah 5 siung
Jahe dua ruas jari
Cabe rawit merah secukupnya (sesuai selera kepedasan)
Temu kunci satu ruas jari
Serai
Jeruk limo 1
Air 200 ml

Cara membuat

Cuci semua bahan bumbu pecak, bakar bawang merah haluskan dengan bumbu lain. Siram dengan air panas.

Kalau saya semua bahan mentah dihaluskan lalu dimasak dengan air sebanyak 200 ml sampai mendidih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar