Jumat, 25 November 2016

Killer Soft Bread

Akhirnya nyobain resep yang sempat kekinian di IG, ini kali kedua praktik, pertama kali nyoba ga sempat difoto, langsung tandas. Hari itu memang diniatin nyoba resep si killer soft bread  sekalian buat teman makan bubur kacang hijau. Sejak resep dan foto roti ini wara-wiri di IG sebenarnya udah pengen praktik tapi berhubung ragi instan yang logo halalnya belum dapat ya di tahan-tahan. cari ragi instan berlogo halal gampang-gampang susah karena di minimarket jarang jual, di toko bahan kue pun harus toko bahan kue komplit . Oh ya merk raginya mauripan. saya dapat beli di IG, jadi ada akun yang jual khusus bahan kue halal, nama akunnya @nellycarnelian,    bukan endorse ya teman, hanya info jika kesulitan mencari bahan kue halal.

Seperti namanya roti ini memang empuk dan lembut tapi jika masih hangat, seiring waktu kelebutannya berkurang, jadi agar tetap empuk, saya simpan di wadah kedap udara semacam tupperware gitu.

lembut dan empuk


by Victoria Bakes
Bahan
260 g tepung terigu protein tinggi (tepung cakra)
30 g gula pasir
3 g ragi instan
1 butir telur ditambah susu cair hangat hingga berat 160-180 g
30 g margarin
sejumput garam
Untuk olesan kuning telur ditambah 1 sdm susu cair

Cara membuat
campur terigu, gula dan ragi, aduk . Lalu masukkan telur, uleni (saya tidak menggunakan tangan tapi spatula dari kayu belajar dari percobaan pertama yang langsung pake tangan, sangat lengket). Setelah kalis tambahkan margarin dan uleni sampai kalis, dibagian ini baru saya pakai tangan.

bagi adonan masing-masing dengan berat 30-50 g (kalau saya dikira-kira asal ukuran sama besar), isi bagian dalam roti sesua selera. Proping selama 30-45 menit – adonan mengembang hingga dua kali lipat. olesi dengan olesan bagian atas adonan. Panggang hingga matang (saya pakai oven manual jadi panasnya di kira-kira hehehe).

2 komentar:

  1. Aku belum bisa bikin roti neh, pengen nyobain bikin juga. Aku save ah resepnya.

    BalasHapus
  2. Aku baru denger ini killer soft bread.. *nggak gaul dunia resep* tapi ini boleh juga nih, kayak bakpau ya kalo diliat-liat.. :D

    BalasHapus