Rabu, 05 Oktober 2016

Singkong Thailand



Bulan ramadhan kemarin  foto plus resep singkong Thailand atau Thailand Cassava ini wara-wiri di IG. Pucuk dicinta, suatu malam Pak suami bawa singkong Thailand ini dari kantornya. Jadi ceritanya ada bukber di kantornya, saat Pak suami mau pulang dan melihat cateringnya lagi beres-beres, nampak singkong thailand masih banyak. Langsunglah tanpa malu-malu (tapi malu-maluin) Pak suami minta mba catering bungkusin dikit, “Buat istri saya di rumah, Mba.” Begitu cerita Pak suami. Duh jadi terharu…


Ternyata enak banget ya. Mau coba praktik tertunda-tunda lalu lupa, akhirnya baru abis lebaran coba bikin dan …ketagihan hehehe. Terlebih di sini harga singkong murah dan fresh baru dicabut dari pohonnya. Balada tinggal di kampung, kanan kiri, depan belakang kebun (kebun tetangga maksudnya). Alhamdulillah kalau tetangga panen selalu kebagian, dari pisang, jambu air, nangka sampai daung singkong. 

Resepnya saya nyontek dari IG nya mba Ika Koentjoro setelah beberapa kali praktik saya modifikasi, dengan penambahan santan, keju plus saus keju.


Bahan
500 kg singkong, bersihkan potong, belah memanjang di tengah
Air untuk merebus/ kukus
Garam
2 sdm gula pasir (saya ganti dengan satu sachet susu kental manis)
Keju parut secukupnya atau saus keju

Bahan saus
250 ml santan
100 gram gula pasir (kurangi jika tidak suka manis)
2 lembar daun pandan
Garam secukupnya
Satu sendok tepung maizena

Cara membuat
Rebus atau kukus singkong. Setelah matang, hancurkan. Tambahkan susu kental manis dna parutan keju/saus keju (keju yang ditambahkan sesuai selera, makin banyak makin enak dan gurih, saya tambahkan 4 sendok makan). Sisihkan.

Membuat saus
Panaskan santan bersama gula sambil diaduk dengan whisk masukkan tepung maizena. Setelah kental angkat tambahkan garam.
Sajikan bersama singkong, untuk toping saya tambahkan wijen, karena saya tidak punya wijen di ganti dengan keju parut.

Catatan;
Saya pernah mencoba membuat dengan dua cara; cara pertama sesuai resep, singkos kukus dihaluskan lalu tambahkan saus saat dihidangkan.
Cara kedua, singkong kukus tidak di haluskan, saat memasak saus singkong dimasukkan dan direbus bersama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar