Senin, 19 September 2016

Bitterbalen



Bitterbalen
Baru kerasa asiknya coba-coba resep baru setelah satu dekade nikah hahaha. Jadi Ibu memang merubah banyak hal, yang dulu anti dapur, mulai deh coba-coba masak terlebih tidak biasa makan makanan warteg selalu makan masakan rumah (masakan mamah saya). Dengan alasan biar hemat dan bergizi mamah saya memang selalu masak, hanya sesekali beli. Menunya biasa dan standar tapi rasanya untuk lidah saya enak.

Sekarang setelah saya jadi mahmud (ngaku-ngaku mahmud ;p), setelah full jadi irt, salah satu cara saya mengisi waktu adalah nyoba resep baru plus moto, kalau moto itu efek keracunan para seleb food photography di IG heuheu. Buat apa belajar moto? Ya, mengisi waktu daripada nonton tv. Sebenarnya pengen nonton tv tapi tiap kali nyalain tv pasti disabotase anak-anak (padahal jatah mereka nonton sudah habis).


Hal lain yang memicu coba-coba resep baru karena anak-anak udah sekolah, pengennya bekel camilan sehat, apalagi Kaka pulang sore, bekal harus double, plus bekal maksi. Di sekolah ada sih catering tapi biasalah emak hemat, bekal dari rumah saja ya. Tapi sempat langganan katering satu bulan karena Kaka penasaran dengan menu katering.

Maaf, kelamaan nih curcolnya . Btw, pertama kali tahu ada camilan bernama Bitterbalen dari komik KKPK milik Kaka. di situ di ceritain tentang Bitterbalen yang dibuat tokoh utama. Kaka jadi penasaran."Bitterbalen kayak gimana sih, Ma? Bikin donk." Jadilah Mama search di cookpad tapi nemu resep yang pas di IG secara tidak sengaja. Di Ig nya mba @anitajoyo, salah satu food photography yang suka saya kepoin akun IG nya, fotonya kece badai.

Ini dia resepnya;

Bitterbalen

Bahan;
100 g margarine (saya pake ukurang kira-kira karena untuk menumis- 2sdm)
1 siung bawang bombay
150 gr terigu
350 ml susu cair (saya pake susu sachet dan*** seduh dengan air)
250 daging cincang (saya pake ayam cincang)
garam, merica, pala dan gula pasir secukupnya
100 gram tepung roti
Telur kocok 

Cara Membuat;

1. Sangarai daging hingga air habis tapi jangan sampai kering 
2. Panaskan margarine , tumis bawang bombay, masukkan terigu sedikit sedikit lalu susu sedikit sedikit sambil di aduk. Lalu masukkan ayam cincang, garam , gula, merica, pala, aduk koreksi rasa. Aduk hingga adonan tidak lengket dan tekstur agak padat.
3. Biarkan dingin.
4. Setelah dingin bulat-bulat adona hingga habis. Gulingkan adonan yang sudah berbentuk ke dalam tepung roti lalu kocokan telur lalu tepung roti lagi. Begitu seterusnya hingga habis. Adonan yang sudah dibalut tepung bisa disimpan di kulkas jika tidak ingin digoreng sekaligus, bisa tahan 3 hari.
5. Goreng dalam minyak banyak (bitterbalen tenggelam dalam minyak), hingga kuning kecoklatan. Hidangkan dengan saus atau mayones.

3 komentar: